Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Persatuan Islam Bandung

14 April 2009

Laporan Quantum Writing Training (QWT) 2


QUANTUM WRITING TRAINING (QWT) 2

“Pelajar Islam Terampil menulis;Bumikan Islam Melalui Tulisan”

Bandung, 25-28 Desember 2008

Setelah sukses dengan Quantum Writing Training yang pertama 26-28 Januari 2007, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persis-Bandung, kembali mengadakan pelatihan menulis bagi pelajar Islam, yang diberi nama “Quantum Writing Training (QWT) 2” pada tanggal 25-28 Desember 2008 yang bertempat di Lt.2 kampus STAI Persis, Jl. Ciganitri No.2 Cipagalo Kec. Bojongsoang Kab. Bandung.

Acara pelatihan menulis yang kali ini diberi tema “Pelajar Islam Terampil menulis; Bumikan Islam Melalui Tulisan”, memang diperuntukan bagi para Pelajar Islam secara umum, baik para santri yang terdaftar di Pesantren Persis maupun para pelajar Islam yang merupakan siswa SMA/Se-Derajat, setelah acara sebelumnya yang hanya melibatkan para santri Pesantren Persis saja.

Tercatat sebanyak 33 pelajar yang ikut serta dalam pelatihan yang digelar secara intensif selama tiga hari ini, baik yang datang dari Pesantren/Sekolah yang ada di Bandung maupun luar Bandung. Selain dari Bandung, ada pula peserta utusan dari Cimahi, Tasikmalaya dan garut. Semua peserta tersebut diasramakan ditempat yang telah disediakan panitia. Menurut salah seorang panitia, Dhanyawan H, langkah tersebut untuk memberikan pelatihan yang intensif dan semoga bisa memberikan kedekatan lebih akrab diantara para peserta. ”Seperti pada tahun sebelumnya, acara ini menentukan bagi semua peserta untuk tinggal di asrama, baik yang jauh maupun yang dekat. Selain alasan jarak bagi sebagian peserta yang jauh, acara ini memang sengaja di-set supaya bisa memberikan pelatihan yang intensif dan semoga bisa memberikan kedekatan dan pertemanan yang lebih akrab di antara para pesertanya, dan dapat berdiskusi tentang penulisan dan lainnya selepas acara selesai”, begitu ungkapnya.

Untuk mendukung dan mensukseskan acara tersebut, panitia mengundang beberapa pemateri untuk mengisi dan memberikan pelatihan intensif. Di antara narasumber yang diundang dan hadiradalah: A.S.M. Ramli atau dikenal Kang Romel* (Penulis), Eryanti Nurmaladewi (Republika), Drs. H. Anwaruddin (IKAPI Jabar), Roni Tobroni (Penulis), Utusan Penerbit, dan Jaka Sapta Wijaya (Mahasiswa STAI Persis Jurusan KPI). Secara keseluruhan acara terbagi pada tujuh session.


*Materi sudah dimuat di blog KPI

(Sekretaris QWT 2)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ooy Barudax!! Kirim Kritik and Sarannya!!! demi kemajuan KPI!!!